Selasa, 11 Oktober 2011

Contoh Proposal Pendirian Perpustakaan


Kategori Dari Redaksi | 29-03-2010 | 2 Komentar


Pendahuluan
Segala puji bagi Allah Rabb yang memelihara seluruh alam dan mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar.  Salawat dan salam semoga terlimpah kepada Nabi panutan yang telah menebarkan dakwah tauhid ke tengah manusia sehingga mengenalkan kepada mereka tentang hak-hak Rabb yang telah menciptakan mereka. Semoga Allah menjadikan kita termasuk hamba-hamba pilihan-Nya yang rela untuk mempersembahkan jiwa, raga, dan harta kita di jalan-Nya. Amma ba’du.
Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Sesungguhnya yang merasa takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah orang-orang yang berilmu.” (QS. Fathir: 28)
Sesungguhnya mewujudkan sebuah masyarakat yang beriman, bertakwa, dan berhias dengan rasa takut kepada Allah merupakan cita-cita mulia setiap insan yang menghendaki masa depan dunia yang lebih membahagiakan. Kejayaan di dunia dan keselamatan di akherat tak mungkin digapai dengan jiwa yang kosong dari iman dan akal yang tak menyerap bimbingan-bimbingan ar-Rahman.
Oleh karena itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mewanti-wanti kepada kita dengan sabdanya, “Barangsiapa yang dikehendaki baik oleh Allah maka akan dipahamkan dalam urusan agamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Hal ini mengisyaratkan bahwa kebaikan suatu bangsa sangat tergantung dengan pengenalan mereka terhadap Rabbnya, agamanya, dan petunjuk Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebab ketiganya itulah inti ajaran agama.
Berangkat dari situlah, Divisi Wisma Muslim yang merupakan salah satu divisi Yayasan Pendidikan Islam Al – Atsari ( YPIA ) bermaksud untuk mewujudkan terbentuknya suatu ruang perpustakaan yang menjadi pusat ilmu syar`i dengan koleksi kitab – kitab para ulama, majalah – majalah, dan buletin islami dengan lokasi di sekitar lingkungan Kampus UGM.
Hal ini kami rasa penting untuk segera diwujudkan mengingat keadaan kaum muslimin yang jauh dari ilmu agama yang benar yang telah mencapai keadaan yang sangat-sangat memprihatinkan, dari sisi kerusakan aqidah dan akhlak yang dialami oleh sebagian besar kaum muslimin. Di dalam proposal ini kami akan menjelaskan tujuan dan gambaran kegiatan ini beserta sarana yang dibutuhkan untuknya.
Nama Kegiatan
Pendirian Perpustakaan Muslim Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari ( YPIA )
Tema Kegiatan
‘Memurnikan aqidah, menyebarkan sunnah’
Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini meliputi adalah penyewaan satu ruang Perpustakaan Muslim untuk Umum (ukuran 4 x 3 m )
Kegiatan ini akan dilakukan di Wisma Daruttauhid di Pogung Kidul SIA XVI RT 1 RW 49 No. 8C Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta (80 m utara Fakultas Teknik UGM)
Landasan Kegiatan
  1. Firman Allah ta’ala (yang artinya), “Demi masa, sesungguhnya semua orang benar-benar dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman, beramal salih, saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati untuk menetapi kesabaran.” (QS. al-‘Ashr: 1-3)
  2. Firman Allah ta’ala (yang artinya), “Allah akan mengangkat kedudukan orang-orang yang beriman di antara kalian dan diberikan ilmu beberapa derajat.” (QS. al-Mujadilah: 11)
  3. Firman Allah ta’ala (yang artinya), “Saling tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa.” (QS. al-Ma’idah: 3)
  4. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim)
  5. Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa di antara kalian yang melihat suatu kemungkaran maka hendaknya dia mengubahnya dengan tangannya, kalau tidak mampu maka dengan lisannya, dan kalau tidak mampu juga maka cukup dengan hatinya dan itu adalah selemah-lemah iman.” (HR. Muslim)
Latar Belakang
Kegiatan ini penting untuk segera diwujudkan dengan beberapa pertimbangan:
  1. Banyaknya koleksi buku – buku dan majalah – majalah agama yang belum memiliki tempat khusus penyimpanan. Hal ini menyebabkan banyak buku berserakan di kantor YPIA yang kurang tertata rapi. Diharapkan dari kegiatan ini bahwa koleksi buku yang dimiliki YPIA bisa tertata dengan rapi dan dapat dimanfaatkan oleh banyak pihak.\
  2. Kondisi sebagian kaum muslimin yang haus akan ilmu agama, namun tidak mengetahui lokasi yang tepat untuk mendapatkan ilmu syar`i tersebut. Banyak dari kaum muslimin di sekitar Kampus UGM yang haus ilmu agama tersebut, yang mencari literatur keislaman di tempat lain yang dirasa cukup jauh, seperti di Kampus UIN Sunan Kalijaga, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan lain sebagainya. Dengan adanya perpustakaan ini diharapkan bahwa warga kaum muslimin yang tinggal di sekitar Kampus UGM, tidak perlu pergi jauh – jauh untuk mendapatkan ilmu agama. Selain itu pula bahwa perpustakaan ini bisa menjadi media komunikasi pengenalan diri YPIA sebagai yayasan yang bergerak di bidang pendidikan agama dan dakwah kepada masyarakat kaum muslimin sekitar.
Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini diadakan dengan tujuan:
  1. Mengenalkan buku – buku bacaan syar`i kepada masyarakat muslim
  2. Memfasilitasi dalam penyediaan buku – buku bacaan islami
  3. Mengenalkan ulama – ulama sunnah kepada masyarakat melalui tulisan – tulisan mereka
Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan ini adalah:
  1. Warga wisma muslim YPIA
  2. Mahasiswa muslim di sekitar Kampus UGM
  3. Masyarakat muslim pada umumnya
Sekilas tentang Perpustakaan Muslim
  1. Perpustakaan ini memiliki kumpulan kitab ulama berbahasa Arab untuk kalangan santri Ma`had Ilmi, Ma`had Umar bin Khattab, dan penuntut ilmu agama lainnya.
  2. Perpustakaan ini juga memiliki kumpulan buku – buku terjemahan dan cd – cd kajian yang bermanfaat bagi orang muslim awam.
  3. Perpustakaan ini juga melayani peminjaman koleksi buku terjemahan, kitab, dan cd kajian dengan cara meninggalkan kartu identitas.
  4. Perpustakaan ini buka jam 09.00 – 21.00 WIB
Donasi dapat disalurkan ke :
Bank BNI Syariah Yogyakarta atas nama Syarif Mustaqim dengan nomor rekening 0105 3389 17
  • Bank BCA atas nama Satria Buana, nomor rekening 2951825893
  • Bank Mandiri cabang UGM ( Yogyakarta ) atas nama Satria Buana, nomor rekening 137 00 0503568 4
Untuk konfirmasi transfer uang dan  informasi lebih lanjut dapat menghubungi saudara Retno Syaputra, S.T di nomor telepon 0856 6440 0941.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar